Tuesday, October 9, 2012

Backpacking Makassar-Toraja-TanjungBira (3)

Dari toraja jam 19.00, gw nyampe perwakilan bis litha jam 05.00, tukang ojek dan taksi udah nunggu pas dibawah pintu bis, biar kagak repot dikejer-kejer mereka, gw mampir aja ke warung indomie didepan perwakilan. Nunggu sampai sekitar jam 07.00an baru gw lanjutkan perjalanan ke bira.
Dari jalan urip sumoharjo itu tidak ada angkot yg langsung ke terminal malengkeri, kalo naik taksi sekitar Rp 40rban, harus 2 kali naik angkot, yang pertama dari urip ke jalan cendrawasih, lalu pindah angkot ke terminal malengkeri.

Di malengkeri, transportasi ke tanjung bira ada 3, mobil kijang ke bulukumba (harus lanjut naik angkot lagi ke bira), mobil kijang ke tanjung bira Rp 70rb (nunggu penuh dulu baru berangkat), bis ke selayar Rp 60rb (gw pilih yang ini karena keberangkatannya jelas di jam 09.00), dalam perjalanan bis berhenti 2 kali, di penjual jagung dan di rumah makan bawakaraeng, coto makassar dan pallubasanya enak banget. Sekitar jam 15.00 gw nyampe di pelabuhan tanjung bira

dan lanjut dengan  jalan kaki ke pantai bira, dimana tempat-tempat penginapan berada.
Gw dapet kamar di riswan guest house Rp 80rb/malam, tempat tidur buat 2 orang, kamar mandi didalam dan kipas angin.
Cuma naruh barang gw langsung nunggu sunset di pantai.

Besok paginya jam 05.00 gw udah jalan ke pelabuhan bira untuk ngambil foto sunrise, jam 07.00 gw balik ke penginapan.

Jam 09.00 gw nyewa motor dan keliling ngikut peta tanjung bira yang dikasi penginapan.
target pertama adalah tanah beru, tempat pembuatan kapal.

Selanjutnya ke makam dato tiro (sangat tidak direkomendasi, udah jauh lebih dari 20km dari tanah beru, sitenya tidak bagus)
Dari dato tiro, balik ke tanah beru, terus balik ke pantai bira, sambil pulang lewat ke pantai bori-bori
lanjut ke pantai marumasa, serasa milik sendiri

lanjut ke pantai batu jokkoya,

Lanjut ke bukit puajanggo

lanjut ke pantai bara,

sunset ke pantai bira

besoknya sunrise di pelabuhan tanjung bira

siap balik ke makassar, kebetulan di riswan guest house, tamu-tamunya bisa pesan ke pengelola penginapan untuk dijemput balik ke makkassar, biayanya Rp 60.000,- sampai di terminal malengkeri, lanjut naik pete-pete ke lapangan karebosi, turun di china town, nginap di new legend hostel, Rp 125.000/malam pake ac. Besok paginya bangun jam 5.45, jalan-jalan ke pantai losari, lewat benteng yang kebetulan belum buka, tapi gw kasi duit biar gw bisa masuk walaupun belum buka.

Tidak sabar menunggu liburan selanjutnya.

1. Bagus, mas, sharing perjalanan anda :) Nanti Juli saya akan juga ke Makassar, tetapi tidak tahu persis rencananya karena ada juga pertemuan resmi yang harus diikuti :)

1. Thks Markymike, selamat liburan juga ke sulawesi, tempat yang indah.

2. Salam kenal mas,

Mau bertanya waktu di bira, sewa motorcycle untuk kelilingnya atau gimana? Rencananya mahu ke bira dec ini.

1. Betul, sewa motor saja, karena jarak antar sitenya juga tidak jauh jauh banget. Untuk sewa motornya tanya saja di tempat penginapan atau tempat makan, pasti banyak yang menyewakan.