Tuesday, May 21, 2013

surabaya, bromo, ijen, baluran, suramadu 1 of 3

Perjalanan ini dimulai dengan daftarnya gw di tripnya jong java di site bpi untuk bromo, ijen tanggal 9-12 mei 2013.biayanya 512 rb start taman pelangi surabaya diluar makan.
Sebenarnya sih gw udah pengen ikut nih trip sejak yang bulan januari 2013 tapi gagal karena susah cari tiket keretanya, yang bulan maret juga gagal dengan alasan yang sama. Akhirnya gw niatin aja beli tiket yang bulan mei, keretanya kertajaya yang waktu itu gw beli lewat tiketkai online masih 50rb, sekarang sih udah diatas 100rb.
tripnya startnya jam 21.00 di taman pelangi sedangkan kertajaya sampai di surabaya jam 4.00, buat mengisi kekosongan gw niat lanjutin surabya city tour. Diperjalanan surabaya city tour gw yang terakhir gw cuma mampir ke sampurna house, jadi untuk kali ini tujuan gw ke semua tempat lainnya.
Daripada kaya orang nyasar jalan sendiri, sejak turun di pasar turi gw cari teman yang ikut tripnya jong java untuk city tour bareng dan kebetulan ketemu si rendra.
Surabaya city tour kali ini dimulai dengan naik 1 becak untuk berdua dari pasar turi ke jembatan merah, biayanya 10rb. Sesampainya di jembatan merah kami jalan kaki menuju tujuan pertama "pasar pabean" untuk melihat kegiatan pagi masyarakat surabaya, lewat jalan panggung lalu jalan pabean sayang menuju jalan nyamplungan. Menurut gw sih kota surabaya ini didaerah ini tak lekang dimakan usia, kayanya kondisi saat ini masih sama kaya dulu jaman perang kemerdekaan.

Di jalan nyamplungan kami ketemu plang "kawasan wisata religi sunan ampel", lalu lanjut jalan ke makam sunan ampel. Setelah melewati indomaret nanti ada didepan gang ada jajanan pagi masyarakat surabaya, tempat yang pas buat sarapan pagi.

Sesampainya di mesjid sunan ampel, gw dikasi tau orang disitu kagak boleh masuk ke area makam karena gw pake celana pendek, yah jadinya gw cuma lewat depan dan balik lagi ke jalan nyamplungan lewat gang diseb

Setelah keluar dari kawasan makam sunan ampel, kami lanjut jalan ke klenteng khong cho kong, tempatnya bagus karena sangat beraura budaya china dengan warna dominan merah.

Lalu lanjut ke gapura china town terus ke jembatan merah.

Dari jembatan merah kami melewati jalan veteran terus ke jalan cendrawasih menuju ke Gedung PTP XII. disepanjang jalan berjejer gedung-gedung tua peninggalan jaman kolonial.

Inilah gedung PTP XII tempat yang banyak dijadikan objek foto pernikahan.

Selanjutnya kami balik ke jalan veteran untuk naik angkot ke monumen kapal selam (monkasel). Waktu itu udah sekitar jam 10 pagi, jadi sekalian istirahat dan berteduh di mcdonald pas di mall sebelah monkasel.

Sekitar jam 1, kami lanjut lagi naik angkot ke kebun binatang surabaya untuk foto patung ikon surabaya.

Dari sini kami naik angkot lagi ke rumah sakit adi husada, karena mesjid cheng ho tujuan kami selanjutnya berada pas di belakang rumah sakit adi husada, masuknya pun juga lewat rumah sakit adi husada.

Dari mesjid cheng ho, kami lanjut jalan kaki ke jalan kusuma bangsa, lalu naik becak ke perempatan kenjeran, lalu naik angkot ke kenjeran park. Di kenjeran park areanya sangat luas dari pintu gerbang ke setiap sitenya butuh waktu 15 menit bila berjalan kaki, disarankan menggunakan ojek.

Isi kenjeran park termasuk Pagoda.

Pantainya yang kebetulan lagi kering.

Area patung dewi kwan im.

Area patung dewa 4 muka.

Sekitar jam 5, kami keluar dan menuju taman pelangi tempat kumpul untuk memulai tripnya jong java.

to be continue.

1. Aku jg akhir mei ini ikut trip dr jong java ke bromo, tp binggung seharian di sby mau ngapain, tp mas mau nyn, kok angkot2 nya engga ditulis sih no angkot nya, inget ga naik angkot apa aja pas disana.. thx

2. Sori angkotnya lupa ditulis, tp semua tempatnya didalam kota, tanya2 aja sama yg orang2 yg ketemu di jalan