Tuesday, August 30, 2016

Gorontalo, Togean, Palu 1 of 3

Sekitar bulan juni 2016, gw lagi pusing-pusingnya sama kerjaan kantor. Iseng-iseng buka backpacker indonesia, eh ternyata ada yang buka sharing cost ke togean. Kayanya emang udah ditakdirkan buat ikut nih trip, langsung gw kontak untuk ikut, kebetulan belum closed.

Sebelum vakum lama dari explore Indonesia, togean emang udah gw incer-incer, katanya orang sih bagus, tp gw survey kok open tripnya gitu-gitu doang aja. Gw anggep mungkin overrated kali, dengan trip ini gw mau buktikan bener yang mana.

Biar komunikasi lancar, gw masuk ke grup WA. Gw perhatiin nih grup kok agak gila-gila dan mesum-mesum gimana gitu kgk cowok atau ceweknya, tapi sebenernya sih karena mereka udah akrab gitu makanya agak koslet dikit. Mereka juga rajin latihan berenang, ya mungkin bisa seminggu bisa 6 kali lah, gw yakin banget udah pada master-master freedive nih (ha3 ternyata masih ada yang dituntun berenangnya), dengan tubuh gw yang gembul bisa ditinggal nih gw dilaut he3.

Berhubung ini sharing cost, setiap peserta dikasi tugas khusus, ada yang telp penginapan, perahu, mobil dan lain2. Super persiapan dan koordinasi lah dibandingkan trip-trip gw sebelumnya yang ngandalin mesjid kalo ada yang tidak sesuai rencana. Maksudnya mungkin biar kgk kacau dan bisa nikmatin liburannya kali ya (ha3 ternyata kenyataannya kacau, kacau, kacau).

Mendekati hari H, kita diminta untuk mengumpulkan uang sharecost, yang nantinya akan dibagikan lagi sebelum berangkat (ha3 tau deh maksudnya apa). Gw waktu itu ngasih 1,5jt, sebelum berangkat malah dikasi balik ke gw 2jt. Lumayan nih belum apa-apa gw udah untung 500rb, kepikiran juga sih buat gw sikat aja nih duit.

Jadi biaya total trip ini selama 5 hari 4 malam, termasuk berenang dengan whaleshark di gorontalo, explore togean dan explore palu, hanya 1,5jt (open trip killer banget deh). Tiket pesawat berangkat pake garuda balik pake batik cuma 1,7jt.

Cukup ya untuk latar belakangnya. Lansung aja sesuai kesepakatan di hari Hnya kita kumpul di terminal 3 ultimate bandara sukarno hatta tanggal 12 Agustus 2016. Gw berangkat dari depok jam 4.00, eh ternyata tidak sesuai perkiraan gw, nyampenya jam 5, cepet banget. Tapi yah lumayan bisa setoran dulu, sama tutup mata bentar. Setau gw sih si novi udah nyampe, langsung dari bandung, tp belum ketemu dibandara.

Pesawat garuda berangkat jam 7.15 WIB sampai jam 13.00 WIT di bandara Jalaludin Gorontalo. Note: jangan bawa bagasi, nunggunya bisa 1 jam.
Nah ini dia pesertanya (foto di bandara gorontalo), dari kanan ke kiri, awan (si stereg), leo (om om), bagus (free dive master terlihat dari besar finnya), piyik (no meat), ryan (the joker), kiki (bikini girl), inay (bh girl), nopi (si punggung), rini (emak emak) dan eka (gembul).

Dari bandara, kita sudah ditunggu 2 mobil kijang, dengan semangat 45 langsung ngebut menuju tempat whale shark (itu loh ikan gede yang makan manusia). Sepanjang perjalanan terpapar pemandangan daerah gorontalo, yang menurut gw masih sedikit penduduknya jadi jarak antar rumah ke rumah lain masih jauh-jauh. Dalam perjalanan terlihat danau besar tapi lagi surut airnya dan benteng diatas gunung.

Sekitar jam 3 kita sampai di tempat whale shark. Ternyata tempatnya dibelakang pabrik udang (airnya kotor dan membuat gatel), jadi tuh whale shark datang kesini makan limbah nih pabrik, sama penduduk setempat dijadikan tempat rekreasi, dengan menjual kepala udang buangan pabrik untuk turis yang mau ketemu langsung sama nih ikan. Bisa dengan berenang atau diatas perahu kecil. Oh ya ditempat ini kgk ada tempat bilas, jadi siap-siap gatel aja kalo berenang,

Sudah sampai ditempat
 Gang menuju pantai
 Pantai dibelakang pabrik
 Itu perahu kecilnya kalo mau kgk basah dan itu gw lagi nyemplung.

Jadi nih whaleshark datang ke perahu karena ada yang menyebarkan kepala udang disekitar perahu. Sambil whalesharknya makan, kita bisa snorkling didekatnya. Sialannya ada yang iseng, buang udangnya pas dikepala gw, waktu itu gw lg snorkling jadi kgk tau apa yang dilakuin orang yang ada diperahu, sadarnya pas gw liat kesamping kenapa ada kepala udang nyemplung disekitar kepala gw dan tiba-tiba tuh whale shark buka mulut dari bawah ke arah muka gw, bikin jantung gw mau loncat aja. Btw arus didaerah ini cukup kencang jadi hati-hati. Karena pada nafsu, berenangnya jadi pada egois, bayangin aja, masa gw kgk difoto sama whalesharknya he3.

Sekitar jam 5 sampai dipelabuhan penyebrangan gorontalo. Makan-makan sop konro didepan pelabuhan, terus kita langsung beli tiket kapal teluk tomini. Jam 8 malam, kapal berangkat.

Kondisi kelas ekonomi
 Kondisi kelas VIP, sangat direkomen.

Foto digeladak, sampai diwakai jam 6 pagi.
Inilah wakai
 Turun langsung naik speed boat ke kadidiri.
 Sesampainya di kadidiri, mulai lah terasa Paradisenya.
Liat tuh bawaannya 70 liter, kalah yang mau naik gunung rinjani.
Yang membingungkan adalah kiki, masa tasnya kecil banget. Tapi setelah beberapa hari baru sadar gw, pantes aja tasnya kecil banget, isinya bikini doang, tiap hari bikini, mau pakaian ampe 1 tahun juga muat kali tuh di tas.

Ini dia si emak kita, rini, itu loh kaya emak-emak yang nawar sayur dipasar. Tinggal serahin ke dia aja semua ditawar. Sampe rian aja juga ditawar sama rini.

Setelah beres-beres, langsung cari kapal buat nganter ke laut. Cari perahunya seru juga, awalnya pakai kapal di wakai, tapi dibatalkan karena infonya ada kapal di kadidiri, eh infonya ternyata kapal yang dikadidiri sudah habis disewa orang. Udah kebanyang bakal kgk berenang nih hari, pikirannya yang ngurus kapal, nih om om udah tinggal terima beres aja pake ngomel lagi he3 KACAU, KACAU, KACAU. Eh ternyata ada kapalnya ada dari kadidiri, rejeki si rian anak soleh ha3,

setelah liat kapalnya ternyata itu bukan kapal, tapi lemari baju yang dipanjangin dan dinaikin ke perahu buat ngangkut kambing ha3, harganya lebih mahal lagi dari kapal yang lebih besar dan lebih manusiawi. Berjam-jam dengan kondisi kaki nekuk dan kepala nunduk, pegel-pegel dah.

Untuk hari pertama di kadidiri, tujuan kita ke hotel california.
nih si bagus, master freediver, finnya aja panjang bener. Kalo udah masuk air bisa kgk naik-naik.

Hotel california adalah tempat wajib didaerah togean, airnya bening, water visibilitynya ajib banget. Kalo mau foto underwater ini lah tempatnya.

Lalu lanjut ke danau jellyfish.

Cuma kita doang di danau, sepi.

Bening airnya

Lihat tuh mba inay, tampangnya bahagia sekali, berenang sambil ditarikin BHnya sama rian.

Lanjut ke pantai karina, yang jaraknya cuma sejauh lemparan batu.
Si piyik, kurus-kurus kgk makan daging, tapi berenangnya kuat.
Si awan, mr muscle, keker banget, atlet binaraga.
Lalu lanjut ke pantai baracuda, tempatnya deket banget sama tempat menginap, malah pulangnya ada yang langsung berenang sampai kepenginapan.
Nih si rian, pekerjaan model, anaknya bupati una-una, yang digandrungin banget sama rini.
Bening banget airnya

To Be Continue

1 comment:

1. This comment has been removed by a blog administrator.