Tuesday, February 18, 2014

jelajah bali, day 4 of 7

Hari ke empat dimulai dengan sarapan di ayam kedewatan ibu mangku di jalan tukad badung, denpasar. Rasanya sih standart aja.



Setelah itu ke arah giayar menuju pura dalem sidan. Pura ini ditujukan untuk dewa siva dan durga, gambar di pahatannya beraura kematian.


Dibawah ini tempat pementasan tari barong sidan dan dibelakangnya ada sawah berundak dengan pemandangan yg indah.


Selanjutnya ke pura kehen. Pura ini kayanya miniatur pura besakih. Walaupun lebih kecil tapi patung2nya keren2.






Tidak jauh dari pura kehen ada desa panglipuran yang terkenal karena kelestarian budaya masa lalunya dan keteraturan masyarkatnya.









Dari desa panglipuran sebenarnya sudah tidak jauh lagi ke pura besakih, tapi saya masih ragu untuk datang kesini, karena sebelumnya saya telah banyak mencari informasi baik dari tripadvisor, lonely planet maupun kompas, kalau tempat ini tidak aman buat wisatawan. Kebanyakan sih karena terlalu komersialnya penjual disini. Baca2 di tripadvisor deh tentang perkembangan terakhir.

Berhubung nanggung akhirnya saya nekat ke pura besakih. Sesampainya diarea bawah pura, saya beli tiket untuk masuk ke pura, biayanya 10rb per orang dan 5rb untuk parkir motor. Jangan sampai parkirnya ditempat ini, karena perjalanan ke atas masih sangat jauh, bila jalan kaki nanti akan banyak tukang ojek menawarkan jasa dengan tarif yg wah. setelah konter tiket ini sebaiknya lanjut dengan kendaraan sendiri ke pertigaan yang ada tanda arahnya, ke kiri ke arah kintamani (ada tanda dilarang lewat) dan ke kanan ke arah pura besakih. Sebaiknya sih ambil yg ke kiri dan teruskan saja keatas sampai nanti ketemu tempat parkir seperti foto dibawah yang letaknya pas didepan pusat informasi besakih. Kalo berhentinya disini jadi tidak perlu jalan jauh lagi karena letaknya pas disebelah pura besakih.


Setelah parkir, gw dikerubutin anak2 kecil yg nawarin penyewaan sarung, setelah nego2 gw dapet sarung 5rb dan selendang 5rb, sip sesuai perkiraan gw.





Disebalah kiri foto diatas ada kaya papan pengumuman, nah ini lah tempat nangkringnya para guide yg banyak diceritakan wisatawan, sayangnya kebanyakan cerita negatif. Dari awal saya sudah memutuskan percuma melawan orang2 yg menggantungkan kehidupannya dari turis2, mending ikutin aja tapi diusahakan 'kena'nya kgk terlalu banyak. Disini saya disamperin oleh anak kecil yg menawarkan jasa guide, selagi saya nawar jasanya, eh ada beberapa bapak2 yg berdiri dibelakang saya mendengarkan pembicaraan saya, kemungkinan besar sih mereka mau ngecek apakah saya lokal atau asing. Akhirnya disepakati untuk jasa guidenya cuma Rp 50rb, sip sesuai budget yg gw perkirakan, btw ada yg kena sampai ratusan ribu loh disini.

Setelah dapet guide, aman deh puter2 pura besakih sampai puas.




Guide saya selama di besakih namanya ketut, masih kelas 1 smp, kerja pas lg liburan sekolah. Lucunya pertanyaan pertama yg ditanyakan ke gw adalah bli kerjanya dimana dan gajinya berapa. He3 ya gw karang2 aja jawabannya yg penting menyiratkan gaji yg pas2an aja.



Nah altar merah yang dibawah ini adalah altar untuk umat budha yang letaknya pas ditengah2 bangunan umat hindu.


Pura tempat gw foto ini adalah tempat paling tinggi yg dianterin si ketut, pemandangan dari atas sini sangat indah dan menenangkan.






Ternyata pas saya disana pas lagi ada upacara besar, jadi kgk asik juga sih ngegangguin orang yg lagi ibadah. Nah tembok batu merah yg difoto dibawah itu adalah tembok asli yg masih belum dipugar, kalo sudah dipugar warnanya hitam karena menggunakan batu lahar.


Setelah selesai waktunya kulineran sate lilit ayam  dan sate lilit ikan.

Bareng sama gorengan dan pecel jawa. Sambelnya pedes minta ampun.



Berhubung sudah jam 4 sore waktunya gw balik ke kuta, arah pulangnya sambil ngelewatin tukad unda.


Foto dibawah ini diambil dari atas tukad unda.


Cepet juga sampai di kuta jadi masih sempet belanja baju di joger, tempatnya di jalan raya kuta. Parkir disini gratis.


Nah didepan joger ini, ada tempat makan enak namanya nasi pedas ibu andika, tinggal nyebrang jalan aja. Pedes banget, setelah nyobain beberapa makanan di bali, kayanya emang standar pedes dibali itu ya kaya gini.



Hari melelahkan ini diakhiri dengan santai2 sunsetan sambil duduk2 minum bintang.



Lanjut ke hari ke 5.

No comments:

Post a Comment